Cara Menggunakan Smart Object pada Photoshop By Gubuk Hijau


Hallo sobat, Hari ini saya akan membahas cara menggunakan Smart Object pada Photoshop. Nah, Smart Object sendiri adalah layer yang memungkinkan kita untuk mengedit isinya tanpa harus mengubah ukuran aslinya. Karena, jika di klik dua kali pada layer tersebut, maka akan terbuka halaman kerja baru yang berisi objek dari layer tersebut.

Smart Objek adalah Layer khusus yang berisi data image dari gambar berbasis vector ataupun pixel. Bedanya Layer Smart Object dibandingkan dengan Layer biasa adalah Layer ini akan melindungi keaslian gambar atau objek hingga tidak akan mengubah konten meskipun dilakukan pengeditan pada Layer tersebut. Smart Object akan menjaga keaslian gambar dari tingkat kekontrasan, pengaturan cahaya, pixel warna dan lain sebagainya.
 
Saya sangat sarankan Menggunakan Adobe Photoshop Cs6 biar Nanti Mockup-Mockup dari saya bisa di Jalankan dengan Lancar.

Jadi, jika kalian mengedit ukuran ataupun bentuk pada layer smart object (bukan di laman kerja baru) maka, ukuran aslinya (pada laman kerja baru) tidak ikut berubah. Jika masih belum paham, silakan sobat lihat pada mock up yang menggunakan smart object. Tapi ternyata ada yang masih belum bisa nih cara untuk menggunakan smart object tersebut. 

Oke, berikut ini adalah caranya.

 LANGKAH PERTAMA


Buka File apapun yang memiliki Smart Object, contoh nya adalah Mockup. Untuk membukanya, Kamu masuk ke menu File->Open atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+O untuk lebih mempermudah.

LANGKAH KEDUA 


kemudian pada panel layer kamu cari smart objectnya. Untuk contoh kali ini saya menggunakan smart object pada Mockup Custom Case Oppo A71. Bisa di download di Blog saya ini.
Nah, jika sudah ketemu klik dua kali pada THUMBNAIL layer nya. Tahu thumbnail kan ? itu preview kecil yang ada ikon smart object (Lihat pada gambar yang saya lingkari merah).
 LANGKAH KETIGA


Jika sudah di klik dua kali, maka akan terbuka sebuah dokumen baru. Nah, pada dokumen tersebut kamu masukkan desain Mentahan nya (karena contohnya adalah mockup Casing maka Masukan Mentahan Casingnya).

LANGKAH KEEMPAT 

  Nah, pada dokumen di Langka keTiga tersebut kamu masukkan desain Mentahan nya dengan cara Pilih Menu File->Place . Cari file mentahan dari folder yang kamu simpan mentahannya.
sehingga akan muncul sprti gambar di bawah ini .


LANGKAH KELIMA


Jika sudah, Silahkan kamu Save Dokument smart objeknya dengan cara Pilih menu File->Save atau tekan shortcut CTRL+S.
 
Kalau kamu melakukan kelima langkah tersebut dengan benar, maka mockup tersebut akan berubah isinya menjadi desain kamu. 
Gimana ? 
mudah kan untuk cara memgunakan smart object nya ? 
Ingat loh ya, yang di klik dua kali itu THUMBNAIL LAYER nya, bukan nama layer nya (nanti malah jadinya rename layer).

Berikut hasil Mockup yang udah di ganti Smart Objeknya 

Sebelum menggunakan smart objek


Sesudah menggunakan smart objek
Oke, sekian dulu untuk tutorial pada hari ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa bertanya  melalui kolom komentar yang sudah disediakan di akhir artikel ini. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih telah membaca dan semoga artikel tersebut bermanfaat bagi kamu semua. 
Semangat!
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !