4 Macam Jenis Alat Bantu Dengar



Alat bantu dengar memiliki berbagai macam jenis yang dapat di tentukan sesuai dengan usia dan tingkat gangguan pendengaran yang anda alami. Berikut merupakan 4 jenis alat bantu dengar yang dapat menemani kegiatan Anda sehari-hari dengan harga alat bantu dengar yang berbeda – beda sesuai jenis nya. Dengan mengetahui jenis – jenis alat bantu dengar akan membantu anda.

1. Alat di dalam telinga / ITE


Jenis yang pertama yaitu ITE ( in the ear ) atau alat di dalam telinga. Jenis yang satu ini untuk  gangguan pendengaran tingkat ringan hingga sedang. Jenis ini tidak dianjurkan untuk anak -anak karena mereka sedang dalam tahap pertumbuhan dengan ukuran cuping telinga nya terus berubah. 
Alat bantu dengar jenis ITE ini cukup mudah untuk pemakaian, menggunakan baterai yang lebih besar sehingga lebih tahan lama, ITE lebih terlihat dibandingkan dengan alat bantu dengar jenis lain yang lebih kecil dan Memiliki fitur berupa kontrol volume.

2. Alat di belakang telinga / BTE

Jenis selanjutnya yaitu BTE atau Behind The Ear dimana sesuai dengan nama nya, alat ini dipakai dengan cara dikaitkan pada bagian atas cuping telinga dan bagian belakang telinga. Terdapat sebuah tabung kecil sebagai penghubung penerima suara di dalam liang telinga. Jenis BTE cocok untuk berbagai tingkat gangguan pendengaran pada semua umur.

3. Speaker atau Receiver di dalam telinga atau liang telinga atau RITE 

 Jenis RITE atau Receiver In The Ear merupakan Jenis yang memiliki bentuk hampir sama dengan BTE tetapi ada sedikit berbedaan yaitu RTIE hanya menggunakan kabel kecil. Selain itu, RITE speaker rentan terhadap penyumbatan kotoran telinga dan lebih tidak terlihat mencolok dibandingkan dengan jenis yang Behind The Ear.

4. Alat di dalam liang telinga ITC

Jenis yang terakhir yaitu ITC atau In The Canal dimana jenis ini sesuai untuk gangguan pendengaran tingkat ringan sampai sedang pada orang dewasa. ITC dapat dibuat berdasarkan pesanan anda dan akan memenuhi sebagian liang telinga. Anda dapat mendapatkan berbagai jenis alat bantu dengar di pusat alat bantu dengar melawai.

Semoga Artikel Informasi ini Bermanfaat

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !